PARA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MURSYIDATUL JANNAH PANDEGLANG MELAKSANAKAN PENATARAN PPBN


IMAGE00005aaa

Pelaksanaan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara sekarang ini merupakan rangkaian kegiatan PPBN bagi Santri se- Provinsi Banten yang ke-4 kalinya. Program ini merupakan agenda bersama antara Korem 064/MY bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, Pondok Pe-santren dan pemangku kepentingan terkait lainnya. PPBN sebelumnya telah dilaksanakan di Pontren Manahijussadat Lebak, Pontren Al-Inayah Cilegon dan Pontren Daar El-Istiqomah Serang. Demikian disampaikan Danrem 064/MY Kolonel Inf Dedy Kusmayadi dalam amanatnya pada Upacara Pembukaan PPBN di Pondok Pesantren Mursyidatul Jannah Jln. TPA Kepol Pasir Walet Kabayan Kabupaten Pandeglang, Senin (28/10).

Lebih lanjut Danrem menyampaikan bahwa, membela dan mempertahankan negara merupakan hak sekaligus kewajiban Warga Negara sesuai amanat UUD 1945 pasal 30 tentang Bela Negara. Selanjutnya dalam pasal 9 UU nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara juga disebutkan bahwa keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara, antara lain diselenggarakan melalui Pendidikan Kewarga-negaraan. Dimana salah satu bentuk pendidikan tersebut adalah melalui PPBN pada 3 lingkungan yaitu lingkungan pemukiman, lingkungan pekerjaan dan lingkungan pendidikan.

Dipilihnya lingkungan pondok pesantren sebagai salah satu sasaran PPBN dilandasi oleh beberapa pertimbangan, di antaranya keberadaan pondok pesantren di Indonesia mencapai 17.000 Pontren, dengan jumlah santri tidak kurang dari 5 juta orang. 1.284 Pontren di antaranya berada di Banten (Tidak termasuk Tangerang). Hal ini merupakan suatu potensi yang sangat strategis dalam penyiapan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas. Dengan potensi sebesar itu, maka peran dan karya lulusan Pontren di masyarakat juga semakin besar dan mencakup berbagai bidang kehidupan, tidak hanya bidang keagamaan. Selama ini Pondok pesantren dengan kemandiriannya telah berkembang menjadi lembaga pendidikan keagamaan dan pendidikan umum yang semakin maju dan eksis. Namun harus diakui bahwa selama ini kita masih kurang memberikan perhatian kepada Pondok pesantren. Oleh karena itu, melalui PPBN bagi santri dan santriwati pondok pesantren inilah, kita tidak hanya ingin menyiapkan generasi muda bangsa yang berwawasan kebangsaan, cinta tanah air dan memiliki karakter yang unggul. Dengan mengambil tema “Melalui PPBN bagi Santri di Lingkungan Pontren kita Wujudkan Santri yang memiliki Wawasan Kebangsaan, Cinta Tanah Air dan Berbudi Pekerti yang luhur”.

Pelaksanaan upacara pembukaan penataran PPBN berjalan dengan tertib dan lancar. Dilanjutkan dengan pembekalan Danrem 064/MY kepada para peserta penataran PPBN. Penataran PPBN tersebut akan diikuti oleh sejumlah 250 orang santriwan dan santriwati, yang terdiri dari 74 orang dari pontren Mursyidatul Jannah, 74 orang dari pontren Darul Hijrah, 20 orang dari pontren Al Munir, 20 orang dari Pontren Nurul Mursyidah, 20 orang dari pontren Dareel Ma’arif, 12 orang dari pontren Bahtera, 20 orang dari Pontren Al-Khozani, 10 orang dari Pontren Al-Mizan. Dimana Para santriwan dan santriwati ini selanjutnya akan mengikuti kegiatan PPBN ini yang dilaksanakan selama 3 hari.

Selama mengikuti PPBN ini para peserta akan dibina dan digembleng oleh para pelatih yang telah berpengalaman. Berbagai materi akan diberikan baik melalui ceramah, diskusi, praktek lapangan dan kegiatan kelompok, dengan pendekatan fun learning, pembelajaran yang penuh kegembiraan dan rekreatif. Melalui cara yang demikian itu, diharapkan para santri peserta PPBN akan semakin dapat menyerap dan memahami apa dan bagaimana bela negara dan juga materi-materi pengetahuan dan ketrampilan lainnya.

Hadir pada upacara pembukaan Danrem 064/MY Kolonel Inf Dedy Kusmayadi, Danlanal Banten, Kasubdiv Kerma Binmas Polda AKBP H. Darsono, Ka. Pengadilan Tinggi Haryanto Slamet, Kakanwil Pandeglang Bpk. Drs H. Iding M. MPB, Para Dandim, Dan Grup I Kopassus , Para Kasi dan Kabalak Aju Korem 064/MY, FKPP Pranoto R, AKBP Agus Mulyana (BNN ), Unsur pimpinan daerah Kabupaten Pandeglang, para pejabat sipil, TNI, dan Polri se-wilayah Kab Pandeglang, FSPP, Tokoh agama dan tokoh masyarakat Banten H. Embay Mulya Syarif dan H. Nadjmudin Busor serta Pimpinan Pontren sekitar wilayah Kab Pandeglang. (Penrem 064/MY).

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: