KOREM 064/MY GELAR PENATARAN PPBN DI PONTREN DAAR EL-ISTIQOMAH KOTA SERANG


DANREM 064/MY MENYEMATKAN TANDA PESERTA TAR PPBN

DANREM 064/MY MENYEMATKAN TANDA PESERTA TAR PPBN

Korem 064/MY menyelenggarakan kegiatan Penataran Pendidikan Pendahuluan Bela Negara bertempat di Pondok Pesantren Daar El-Istiqomah Jl. Penancangan Kasemen Sukamanah Kota Serang, Selasa (22/10). Bertindak selaku Irup adalah Danrem 064/MY Kolonel Inf Dedy Kusmayadi. Dalam amanatnya mengatakan, bahwa PPBN merupakan realisasi dari pasal 30 UUD 1945 tentang kewajiban Warga Negara dalam Bela Negara. Terkait dengan itu, PPBN yang kita laksanakan sekarang ini, merupakan salah satu upaya Korem 064/MY bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, kalangan Pondok Pesantren serta stake holders terkait dalam mewujudkan pembangunan karakter bangsa, agar tertanam rasa memiliki dan mencintai serta tanggung jawab terhadap kelangsungan kehidupan bangsa dan negara ke depan, khususnya bagi generasi muda dari kalangan Santri.

Lebih lanjut Danrem menyampaikan bahwa, keberadaan para Santri sebagai salah satu sumber calon pemimpin bangsa di masa depan, perlu dibekali dengan berbagai macam pengetahuan dan pengalaman. Melalui proses ini akan terbentuk kematangan jiwa, sehingga para Santri nanti benar-benar dapat menjadi insan paripurna baik dalam berfikir, berbicara dan bertindak, serta mampu mensinergikan antara syi’ar agama dengan aktivitas sosial lainnya, agar keberadaan Santri benar-benar dapat menjadi salah satu agen pembangun dan pemimpin bangsa yang handal. Berkaitan dengan itu output dari pelaksanaan PPBN ini, diharapkan dapat menempa, khususnya para Santri muda, agar menjadi generasi yang tangguh, memiliki jiwa nasionalisme dan cinta tanah air yang dilandasi wawasan kebangsaan, berdisiplin, serta bangga dengan kebangsaan kita, Indonesia.

Kegiatan kali ini dilaksanakan yang ketiga kalinya pada tahun 2013, setelah sebelumnya bertempat di Pondok Pesantren Manahijussadat Lebak Banten dan Pondok Pesantren Al-Inayah Kota Cilegon. Kegiatan ini mengambil tema “Melalui PPBN bagi Santri di Lingkungan Pontren kita Wujudkan Santri yang memiliki Wawasan Kebangsaan, Cinta Tanah Air dan Berbudi Pekerti yang luhur”.

Pelaksanaan upacara pembukaan penataran PPBN berjalan dengan tertib dan lancar. Dilanjutkan dengan pembekalan Danrem 064/MY kepada para peserta penataran PPBN. Penataran PPBN tersebut akan diikuti oleh sejumlah 250 orang santriwan dan santriwati, yang terdiri dari 200 orang dari pontren Daar El-Istiqomah, 10 orang dari pontren Al-Islam, 10 orang dari pontren Nurul Bantani, 12 orang dari Pontren Nurul Ma’arif, 12 orang dari pontren Darul Falah, 6 orang dari pontren Fahmil Qur’an.
Para santriwan dan santriwati selanjutnya akan mengikuti kegiatan PPBN ini yang dilaksanakan selama 3 hari.

Danrem 064/MY usai membuka secara resmi pelaksanaan PPBN (PENDIDIKAN PENDAHULUAN BELA NEGARA), dilanjutnkan dengan memberikan pengarahan kepada seluruh peserta PPBN bertempat di ruang serbaguna Ponpes Daar El-Istiqomah. Dalam pengarahannya Danrem menyampaikan betapa pentingnya Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) yang dilaksanakan oleh Korem 064/MY ini, harus dilaksanakan di lingkungan Pondok Pesantren, hal tersebut sesuai dengan pertanyaan yang disampaikan oleh salah seorang santri yaitu Mohammad Diding salah satu perwakilan dari peserta PPBN yang menanyakan, Mengapa PPBN harus dilaksanakan di kalangan Pondok Pessantren ? “Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) dilaksanakan dikalangan Ponpes karena, Ponpes tempat yang efektif untuk melaksanakan kegiatan belajar, karena waktu yang dimiliki ponpes akan sangat efektif yaitu selama 24 jam penuh. Selanjutnya Danrem juga menyampaikan bahwa perlunya Pendidikan Pendahuluan Bela Negara dilaksanakan dikalangan Ponpes, agar Para Santri dapat menjadi Kader Bela Negara yang mempunyai Ahlaq yang mulia serta Cinta Tanah air, Bangsa dan Negara. Oleh Karena itu dengan menanamkan wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air melalui PPBN ini diharapkan Para Santri Dapat membentengi diri dari pengaruh dan ancaman musuh baik dari luar maupun dalam”.
Hadir pada upacara pembukaan Danrem 064/MY Kolonel Inf Dedy Kusmayadi, Danlanal Banten diwakili Kapten Laut Furqon, Kapolda Banten diwakili oleh Dir Intelkam Polda Banten, Kepala BNN Kombes Pol Heru, Kasrem 064/MY Letkol Arh Budhi Dharmawan, Para Dandim, Para Kasi dan Kabalak Aju Korem 064/MY, Unsur pimpinan daerah Kota Serang, para pejabat sipil, TNI, dan Polri se-wilayah Kota Serang, FSPP, Tokoh agama dan tokoh masyarakat Banten H. Embay Mulya Syarif dan H. Nadjmudin Busor serta Pimpinan Pontren wilayah Kota Serang. (Penrem 064/MY).

Explore posts in the same categories: Uncategorized

2 Komentar pada “KOREM 064/MY GELAR PENATARAN PPBN DI PONTREN DAAR EL-ISTIQOMAH KOTA SERANG”

  1. Abd. Wahid Says:

    Masya Allah…. Mudah2an santri-santri kami pun nanti mendapat pelatihan yang sangat baik ini…

    Abd. Wahid Al-Faqier
    Pimp. Ponpes Birrul Walidain Picung Pandeglang Banten.

    • korem0064 Says:

      Ass.Wr.Wb. Mudah-mudahan nanti di ponpes bapak bisa kami laksanakan, karena untuk tahun 2013 ini kami sudah melaksanakan di 4 tempat ponpes. Demikian bpk, terimakasih atas komentarnya. Wass.Wr.Wb


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: