PENUTUPAN LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM BANJIR DI KEC KIBIN KAB SERANG BANTEN


KASREM 064/MY MELEPASKAN TANDA PESERTA LATIHAN

Danrem 064/MY secara resmi menutup rangkaian pelaksanaan latihan penanggulangan bencana alam, bertempat di lapangan Kp. Patapan . Kegiatan yang bertemakan “ Satgas PRCPB Korem 064/MY melaksanakan operasi membantu penanggulangan bencana alam banjir di wilayah dalam rangka operasi penanggulangan bencana daerah Banten” tersebut, bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan dalam rangka penanggulangan bencana alam, yang akan diikuti oleh 300 orang anggota jajaran Korem 064/MY dan 250 orang dari Pemerintah Daerah, Jajaran Polda Banten, Ormas dan masyarakat.
Hadir dalam acara tersebut, Danrem 064/MY Kolonel Inf. Dedy Kusmayadi, Kasrem 064/MY Letkol Arh. Budhi Dharmawan S.Sos, Dandenkes Seran Letkol CKM Itang Taukhid, Dandenpom Serang Letkol CPM Dedi, Ketua BMKG Banten Bpk. Halim Perdana Kusuma, Ketua FKPPI Banten Bpk. M. Sokir, LPM Banten Bpk. H. Ode, Ketua Satpol PP Kaupaten Serang Bpk. Acep serta dari Kwarcab Bpk. H. Totok.
KEGIATAN LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR
Danrem 064/MY Kolonel Inf Dedy Kusmayadi dalam amanat tertulisnya mengatakan bahwa Latihan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kesamaan langkah tindakan, serta untuk meningkatkan profesionalisme personel jajaran Korem 064/MY bersama dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait lainnya serta masyarakat yang terlibat dalam upaya penanggulangan bencana alam banjir, dengan memberikan pelatihan pola penanganan dalam menghadapi bencana banjir dengan lebih baik dan terpadu.
Upaya penanggulangan bencana telah dilakukan, baik oleh Pemerintah melalui instansi terkait, organisasi non pemerintah dan masyarakat. Namun kejadian bencana tetap menunjukkan peningkatan baik intensitasnya maupun dampak kerugiannya. Untuk itu upaya‐upaya pengurangan bencana harus tetap dilakukan dan selalu ditingkatkan. Salah satu upaya tersebut adalah dengan memberikan materi pembekalan seperti recovery, relokasi, pembuatan perkiraan darurat, penyiapan posko dan kodal operasi bencana, longmalap dan evakuasi, Tactical For Game (TFG), gelar posko, drill teknis serta drill taktis penanggulangan bencana kepada prajurit jajaran Korem 064/MY bersama dengan instansi terkait lainnya, melalui kegiatan latihan penanggulangan bencana banjir yang telah dilaksanakan selama 5 hari.
Dengan telah dilaksanakan latihan ini, diharapkan personil dan satuan jajaran Korem 064/MY memiliki kesiapan dalam melaksanakan tugas perbantuan penanggulangan bencana kepada pemerintah daerah dan Masyarakat Banten, terutama dalam menghadapi bencana banjir secara maksimal.
Lebih lanjut Danrem mengharapkan dari hasil kegiatan latihan ini dapat terwujudnya konsep strategis penanggulangan bencana alam, dengan membangun pola kerja sama terpadu yang efektif dan efisien berupa Rencana Operasi Penang-gulangan Bencana Alam, yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Terciptanya hubungan kerja sama yang baik antar instansi terkait dalam proses penanggulangan bencana alam, serta terciptanya kemampuan pimpinan dalam proses pengambilan keputusan dihadapkan dengan situasi dan dinamika yang terjadi.
Kegiatan latihan ini melibatkan sejumlah 400 personel yang terdiri dari TNI 250 orang yang terdiri dari Kodim Pandeglang 30 org, Kodim Serang 30 org, Kodim Lebak 30 org, Kodim Clg 30 org, Yonif 320/BP 30 org . Personel Pemda serta masyarakat terdiri dari BMKG 1 org, BPBD 10 org, Tagana 15 org, PMI 5 org, Polres 15 org, Dinkes 5 org, aparat desa 5 org, Dinsos 2 org, PU 2 org, Pramuka 10 org, Ormas 30 org, Masyarakat 100 org dan pendukung 50 org. (Penrem 064/MY)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: