KOREM 064/MY LATIHAN TFG SIMULASI BENCANA BANJIR


DANDIM 0602/SRG DAN PEJABAT TERKAIT DALAM SIMULASI TFG PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

DANDIM 0602/SRG DAN PEJABAT TERKAIT DALAM SIMULASI TFG PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

Korem 064/MY melaksanakan latihan TFG (Tactical For Game) simulasi penanggulangan bencana banjir bertempat di Aula Baluwarti Korem 064/MY, Senin (16/9). Kegiatan tersebut dilaksanakan terkait dengan Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang telah dibuka pada tanggal 11 September yang lalu dan direncanakan berakhir pada tanggal 18 September 2013. Kegiatan latihan TFG ini dimaksudkan untuk mempersiapkan para peserta latihan pada medan latihan yang sebenarnya di daerah Kibin Kabupaten Serang. Sehingga dengan latihan TFG ini diharapkan para peserta latihan mendapatkan bekal bagaimana cara penanganan sebenarnya pada praktek dilapangan nantinya.
Kegiatan disimulasikan terjadi di wilayah Kabupaten Serang, dengan penyampaikan informasi oleh BMKG kepada BPBD Kab. Serang bahwa pada bulan Januari 201A akan terjadi hujan dengan skala tinggi diwilayah Kabupaten Serang, yang akan berlangsung selama beberapa bulan kedepan. Hal ini dapat meningkatkan volume air sungai Ciujung yang sewaktu-waktu bisa meluap dan terjadi banjir didaerah bantaran sungai Ciujung khususnya Kec. Kibin dan Kec. Keragilan, agar diwaspadai dan dimonitor perkembangan situasinya. Berdasarkan pemantauan TRC BPBD Kab. Serang dibendungan Pamarayan bahwa Debit air sungai Ciujung meningkat ketinggiannya diperkirakan kurang lebih 1.000 s.d 1300 m3/detik dan status bendungan Pamarayan dinyatakan (SIAGA).
Setelah Danrem berkoordinasi dengan para unsur SKPD, Maka Danrem 064/MY segera melaksanakan rapat koordinasi dengan para Kasi Korem, dalam rangka kesiapan antisipasi bencana banjir di wilayah Provinsi Banten, dan membahas tentang : Perkembangan Kondisi wilayah terkini, Kesiapan personel dan perlengkapan dalam rangka memberikan bantuan terhadap bencana bersama –sama dengan melibatkan unsur Satgas penanggulangan bencana Korem 064/MY yang telah terbentuk. Berdasarkan informasi terakhir yang diterima bahwa status bendungan Pamarayan dinyatakan bahaya dan sudah dibuka yang mengakibatkan meluapnya sungai Ciujung dan merendam desa-desa dibantaran sungai maka diberlakukan situasi tanggap Darurat di seluruh Kab. Serang. Saya menunjuk Dandim 0602/Srg selaku Dansatgas Tanggap Darurat agar mengambil alih Komando sesuai dengan fungsi dan wewenangnya, untuk mengerahkan dan mengendalikan seluruh unsur yang tergabung dalam Satgas bencana serta melaporkan setiap perkembangan situasi pada kesempatan pertama.
Maka Dansatgas dibawah pimpinan Dandim 0602/Srg agar segera mengerahkan semua personel dan perlengkapannya untuk penanggulangan bencana banjir di wilayah Serang dan segera dirikan Posko lap. Di Kp. Patapan Desa Nagara.
Tahap-tahap tindakan untuk menanggulangi bencana banjir diatas bukan terjadi sebenarnya karena, hal tersebut merupakan Latihan TFG Simulasi Bencana Banjir yang dilaksanakan oleh Satgas Penanggulangan Bencana Banjir Korem 064/MY yang melibatkan unsur Bagian-Bagian dan Seksi-Seksi dari unsur Satgas yang tergabung dalam Penanggulangan Bencana Banjir .
Hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 064/MY Kolonel Inf Dedy Kusmayadi, Kasrem 064/MY Letkol Arh. Budhi Dharmawan S.Sos, Kepala BMKG Prov. Banten, Sekda Kab Serang, Ka BPBD Serang, Danyon 13 Grup 1 Kopassus, Polres Serang, KNPI, FKPPI, Pramuka, Tagana, Camat Kibin, Camat Kragilan, Danramil Kibin dan Danramil Kragilan. Kegiatan selanjutnya akan dilaksanakan besok hari dalam bentuk materi praktek di Kp. Patapan dan kp. Cikangkung Ds. Nagara kec. Kibin melibatkan sejumlah 250 orang personel. (Penrem 064/MY).

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: