KOREM 064/MY MENGGELAR LATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM BANJIR


Kasrem 064/MY sedang memeriksa pasukan upacara

Kasrem 064/MY sedang memeriksa pasukan upacara

Kasrem 064/MY membuka pelaksanaan latihan penanggulangan bencana alam, bertempat di lapangan apel Korem 064/MY, jln Maulana Yusuf No.9 Serang Banten. Kegiatan yang bertemakan “ Satgas PRCPB Korem 064/MY melaksanakan operasi membantu penanggulangan bencana alam banjir di wilayah dalam rangka operasi penanggulangan bencana daerah Banten” tersebut, bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan dalam rangka penanggulangan bencana alam, yang akan diikuti oleh 300 orang anggota jajaran Korem 064/MY dan 250 orang dari Pemerintah Daerah, Jajaran Polda Banten, Ormas dan masyarakat.
Danrem 064/MY Kolonel Inf Dedy Kusmayadi dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Kasrem 064/MY Letkol Arh Budhi Dharmawan, mengatakan bahwa penanggulangan bencana alam merupakan upaya untuk melindungi masyarakat dari bencana alam dan dampak yang ditimbulkannya. Dimana upaya tersebut merupakan kewajiban bersama antara TNI, Pemerintah dan masyarakat yang didasarkan pada partisipasi, dukungan dan prakarsa masyarakat serta Pemerintah Daerah.
Lebih lanjut Danrem menambahkan bahwa Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang dilaksanakan ini untuk meningkatkan sinergitas hubungan kerja dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait, dalam melaksanakan operasi bantuan melalui Pola Operasi Militer Selain Perang. Dalam hal ini Korem 064/MY sebagai Satuan Komando Kewilayahan mempunyai tugas membantu Pemerintah Daerah dalam menangani bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan di wilayah Provinsi Banten, sehingga pelaksanaan roda pemerintahan tetap dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.
Adapun sasaran yang harus dicapai dari kegiatan latihan penanggulangan bencana alam ini adalah terwujudnya konsep strategis penanggulangan bencana alam dengan membangun pola kerja sama terpadu yang efektif dan efisien berupa Rencana Operasi Penanggulangan Bencana Alam, yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Kegiatan latihan akan dilaksanakan selama 5 hari, 3 hari dalam bentuk teori di ruangan dan 2 hari dalam bentuk praktek di lapangan. Kegiatan teori selama 1 hari salah satunya akan diwujudkan dalam bentuk TFG (Tactical For Game) untuk mensimulasikan siapa berbuat apa dalam pelaksanaan di lapangan. Sementara kegiatan latihan praktek akan dilaksanakan di Kampung Patapan dan Kampung Cikangkung Desa Negara Kecamatan Kibin Kabupaten Serang. Latihan praktek akan melibatkan sejumlah 400 personel yang terdiri dari TNI 250 orang ( Kodim Pandeglang 30 org, Kodim Serang 30 org, Kodim Lebak 30 org, Kodim Clg 30 org, Yonif 320/BP 30 org) dan Pemda serta masyarakat (BMKG 1 org, BPBD 10 org, Tagana 15 org, PMI 5 org, Polres 15 org, Dinkes 5 org, aparat desa 5 org, Dinsos 2 org, PU 2 org, Pramuka 10 org, Ormas 30 org, Masyarakat 100 org dan pendukung 50 org).
Hadir pada upacara pembukaan 150 orang personel Makorem dan jajaran Kodim, hadir pula Para Kasi Korem, Para Kabalak Aju Korem, Para Kasdim, perwakilan BPBD, BMKG, Dinkes, Dinsos, Polres Serang, Tagana Serang, PMI Serang. Setelah kegiatan upacara pembukaan dilanjutkan dengan rakor latihan penanggulangan bencana yang melibatkan unsur dari personel pemda dan instansi terkait. (Penrem 064/MY)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: