KOREM 064/MY GELAR APEL BABINSA DAN BABINKAMTIBMAS


DSCF9863acc

Korem 064/MY menggelar pelaksanaan apel babinsa jajaran Korem 064/MY dan babinkamtibmas Polda Banten bertempat di Mako Grup 1/Kopassus, Senin (8/7). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan penyegaran dan mengevaluasi pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan selama ini, serta mensinergikan pola kegiatan antara TNI-Polri dalam menyikapi perkembangan situasi khususnya di wilayah Banten.
Danrem 064/MY Kolonel Inf Dedy Kusmayadi dalam amanat tertulisnya menyampaikan kegiatan apel ini sangat penting, mengingat tantangan tugas kedepan yang akan semakin sulit dan kompleks, mengingat saat ini kita berada pada tahun politik menjelang dilaksanakannya pemilu, baik legislatif maupun Presiden. Selain itu di wilayah kita sendiri seperti Serang dan Lebak dalam waktu dekat ini juga akan melaksanakan pesta demokrasi, dalam rangka menentukan Pimpinan wilayahnya. Semua itu akan berdampak pada meningkatnya suhu politik, khususnya di wilayah provinsi Banten. Disamping itu permasalahan terorisme dan permasalahan sosial kemasyarakatan lainnya tidak kalah pentingnya untuk mendapatkan perhatian khusus seluruh aparat pembina kewilayahan.
Dalam penyelenggaraan apel bersama ini juga akan diisi oleh beberapa narasumber antara lain materi pemilu dari KPU, program pengkaderan KB Kes oleh BKKBN, menyikapi terorisme di wilayah Banten dan pencegahannya dari FKPT, materi pembekalan dari Kabinda dan Kajati serta pengarahan dari Gubernur Banten dan Kapolda Banten.
Lebih lanjut Danrem mengatakan kita perlu mencermati perkembangan situasi keamanan saat ini yang seringkali sulit diperkirakan, demikian juga dengan situasi yang berkembang di wilayah Provinsi Banten. Hal ini menuntut para peserta apel harus mampu bersinergi bersama dengan aparat di wilayahnya serta mampu mengantisipasi dan mengatasi situasi yang berkembang dengan tetap berpegang pada norma-norma hukum yang berlaku.
Pada kegiatan apel ini juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MOU) antara Korem 064/MY dengan PT.Telkomsel Serang tentang layanan SMS Center Korem 064/MY, melalui nomor 0811 880 8880. Dimana SMS yang masuk akan seleksi oleh Tim khusus yang nantinya bila bisa langsung dijawab, dan diseleksi yang nanti akan disampaikan jawabannya melalui koran Radar Banten selama 1 kali dalam seminggu. Dalam sambutannya Danrem 064/MY menyampaikan, bahwa tujuan dari layanan SMS Center ini adalah sebagai forum silaturahmi antara Korem 064/MY dengan masyarakat Banten, anggota dan keluarga besar TNI. Korem secara terbuka menerima keluhan dari masyarakat tentang situasi dan kondisi yang ada di lingkungannya. Seperti informasi tentang adanya imigran gelap, adanya aksi kelompok teroris dan radikal, adanya aliran sesat, perlunya penanaman wawasan kebangsaan dan bela negara, atau informasi penting yang lain. Apabila keluhan tersebut dapat ditangani oleh Korem, akan segera kita tindak lanjuti, namun apabila keluhan tersebut menjadi bagian dari tugas instansi lain, akan dikoordinasikan kepada yang berwenang menanganinya. SMS Center ini juga berfungsi sebagai kontrol terhadap anggota jajaran Korem, apabila terdapat penyimpangan dalam penyelenggaraan tugas pokok TNI, disamping itu juga apabila terdapat tindak pelanggaran personel, dapat disampaikan melalui sarana SMS Center dan laporan tersebut akan segera kita tindak lanjuti. Selain itu SMS Center juga merupakan salah satu bentuk upaya Korem dalam upaya mewujudkan Transparansi dan Reformasi Birokrasi guna mendukung kebijakan pemerintah menuju pemerintahan yang bersih dan baik (Clean Government and Good Governance).
Kapolda Banten yang diwakili oleh wakapolda Kombes Pol Joko Irianto menyampaikan apresiasi terhadap langkah korem menyelenggarakan SMS Center bekerjasama dengan PT Telkomsel, hal ini merupakan langkah strategis dan kegiatan seperti apel hari ini merupakan kegiatan yang sangat penting.
Sementara itu Kasdam III/Slw Brigjen TNI Suyatno, SE, M.Sc, dalam sambutannya mengatakan, bahwa TNI dan polri sebagai elemen pemda, pada hakekatnya kita adalah elemen untuk mewujudkan kesejahteraan pemerintah daerah. Jadi TNI/Polri tidak ada alasan untuk tidak membantu pemda. Untuk menuju kesana tidak bisa bekerja sendiri-sendiri tetapi harus bersinergi antara aparat TNI, Polri dan Pemda. Dalam era demokrasi setiap organisasi tidak bisa berdiri sendiri tetapi selalu bersinergi, maka tidak ada alasan TNI dan Polri tidak kompak apalagi saling pukul memukul. Lebih lanjut Kasdam mengatakan dalam menghadapi tantangan yang begitu kompleks, kalau boleh diibaratkan bekerja dg sinergitas berarti tidak bisa tidur, kita harus selalu monitor kejadian yang terjadi di daerah kita. Oleh karena itu harus bisa mengatur waktu dalam tugas kita, TNI ada kendala dalam sarana komunikasi, sarana transportasi dan akomodasi. Sebagai informasi babinsa di wilayah Korem 064/MY seharusnya berjumlah 1111 orang, namun yang ada saat ini berjumlah 823 orang, sehingga ada babinsa yang membawahi 3 atau 4 desa. Untuk itu babinsa harus mampu melakukan cegah dini terhadap hal-hal yang bertentangan dengan hukum, selanjutnya mampu deteksi dini, kita harus selalu curiga, bila ada permasalahan segera laporkan supaya bisa segera diatasi oleh aparat berwenang.
Selanjutnya Gubernur Banten Hj.Ratu Atut Chosiyah menyampaikan kebanggaan dan apresiasi yang tinggi kepada aparat babinsa maupun babinkamtibmas, dengan adanya kegiatan ini sangat dirasakan penting. Karena keberadaan Babinsa dan Babinkamtibmas sangat dirasakan telah memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Banten dan telah mendukung tugas Pemerintah Daerah. Lebih lanjut Gubernur menyampaikan rasa bangga dan terimakasihnya karena tidak akan dapat melaksanakan tugas kalau tidak dibantu oleh aparat TNI jajaran Korem 064/MY, oleh karenanya pada kesempatan ini Pemda memberikan dukungan kepada Korem berupa sepeda motor kawasaki Trail sebanyak 50 buah untuk diberikan kepada Babinsa, dan 1 unit mobil ambulans untuk Yonif 320/BP, serta 4 unit mobil avanza untuk para kasi korem.
Hadir pada kegiatan tersebut Gubernur Banten Hj. Ratu Atut Chosiyah, Kasdam III/Slw Brigjen TNI Suyatno, SE, M.Sc, Wakapolda Banten Kombes Pol Joko Irianto, Dangrup 1 Kopassus Kolonel Inf Soleh Mustofa, Danlanal Banten, Danlanud Gorda, Executive Vice President PT Telkomsel ibu Venusiana Papasi, GM Sales and Costumer Care Region Outer Jakarta Division Bpk Heru Sukendro.
Kegiatan apel Babinsa dan Babinkamtibmas berjalan dengan tertib aman dan lancar. (Penrem 064/MY).

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: