KASREM 064/MY SECARA RESMI MEMBUKA PELAKSANAAN GELADI POSKO- 1 “GOLOK SAKTI XVII” KODIM 0623/CILEGON TA.2013


IMG_0106ccc

Korem 064/MY menggelar pelaksanaan Geladi Posko -1 Tingkat Kodim yang pada kali ini dilaksanakan oleh Kodim 0623/Cilegon. Adapun tujuan dari latihan geladi posko I ini adalah untuk meningkatkan kemampuan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan operasi militer selain perang dalam rangka memberikan tugas perbantuan kepada Polri di wilayahnya dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Materi pada kegiatan geladi posko I Kodim Cilegon ini berbeda dengan materi Geladi Posko yang biasanya dilaksanakan, karena biasanya materi yang digeladikan tentang penanggulangan bencana alam, sedangkan geladi posko kali ini tentang tugas perbantuan kepada Polri. Pelaksanaan Geladi Posko secara resmi dibuka oleh Kasrem 064/MY Letkol Arh Budhi Dharmawan, S.Sos yang bertindak selaku inspektur upacara, bertempat di lapangan upacara Makodim 0623/Cilegon, Selasa (18/6).
Danrem 064/MY Kolonel Inf Dedy Kusmayadi dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Kasrem 064/MY Letkol Arh Budhi Dharmawan, S.Sos mengatakan bahwa berdasarkan Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, menegaskan peranan TNI dalam fungsinya sebagai alat pertahanan, dimana TNI mengemban tugas untuk memulihkan kondisi keamanan Negara yang terganggu akibat dari terjadinya kekacauan keamanan. Hal ini sekaligus menyangkut keamanan wilayah secara fisik yang terganggu akibat adanya gangguan karena perang, pemberontakan, konflik komunal, huru-hara, terorisme, dan bencana alam.
Selanjutnya tugas TNI dalam memberikan bantuan kepada Polri telah mempunyai pedoman dan arah yang jelas dengan adanya Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2013, yang menegaskan bahwa dalam rangka penghentian tindak kekerasan, Polri dalam menjalankan tugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dalam keadaan tertentu, dibantu oleh unsur TNI, unsur Kementerian / Lembaga terkait, dan unsur Pemerintah Daerah.
Inpres tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan adanya penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding antara Panglima TNI dan Kapolri, tentang perbantuan TNI kepada Polri dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Dengan adanya ketentuan tersebut, memberikan kejelasan dan pemahaman bagi kedua institusi TNI dan Polri, agar aparat kita dilapangan tidak gamang dan memiliki kepastian dalam melaksanakan tugasnya.
Oleh karenanya kegiatan Geladi Posko I yang dilaksanakan di Kodim 0623/Cilegon kali ini dinilai sangatlah penting artinya, dalam rangka memberikan pemahaman terhadap langkah perbantuan TNI kepada Polri untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat serta konflik sosial khususnya di wilayah Kabupaten Cilegon dapat dilaksana-kan secara terpadu bersama-sama dengan Polres Cilegon.
Usai upacara kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan mekanisme geladi posko yang diawali dengan taklimat awal Danrem 064/MY kepada para pejabat jajaran Korem 064/MY dan para pejabat terkait di kabupaten Cilegon. Kegiatan dilanjutkan dengan mekanisme geladi dengan pemberian materi persoalan dari panitia penyelenggara. Adapun kegiatan geladi posko 1 Kodim 0623/Cilegon ini akan dilaksanakan selama 3 hari.
Hadir dalam upacara pembukaan tersebut Kapolres Cilegon AKBP Defrian, Kejari Cilegon Bpk Ujang Supriyanto, Camat Ciwandan, Kasrem 064/MY Letkol Arh Budhi Dharmawan, Para Dandim, Para Kasi dan Kabalak Aju Jajaran Korem 064/MY. Sedangkan peserta upacara melibatkan 3 Kompi sejumlah 120 orang yang terdiri dari Kodim 0623/Cilegon, Polres Cilegon dan Satpol PP Kab Cilegon (Penrem 064/MY).

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: