Korem 064/MY bantu korban banjir Ciujung Serang Banten


IMG_0112A[1]

Bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Provinsi Banten belakangan ini, menimbulkan keprihatinan bagi kita. Tercatat beberapa wilayah di banten yang terkena bencana banjir hingga saat ini, yaitu Kab Lebak dan Kab Pandeglang. Sementara di Serang terjadi di Kampung Ondar-andir Desa Dukuh Kampung Palembangan, Desa Pengawean, Desa Picon Kecamatan Kragilan Serang yang airnya meluap sampai ke Tol Km 57 Ciujung.
Banjir yang terjadi di wilayah Kab Lebak disebabkan oleh meluapnya sungai Ciberang, Ciujung, Cikatapis, Cisimeut dan Ciliman ini menenggelamkan aeral persawahan dan rumah warga. Di Lebak selatan hujan yang mengguyur juga menyebabkan banjir di Desa Wanasalam, Cipedang, Sukatani dan desa Bejod Kec Wanasalam.
Sementara Banjir di wilayah Kab Pandeglang terjadi di daerah Panimbang, warga diungsikan ke Masjid Agung Panimbang, di daerah Pagelaran dan Patia warga diungsikan ke Kantor Kecamatan, dan di daerah Teluk warga diungsikan ke Masjid Caringin. Banjir di wilayah Pandeglang ini juga diakibatkan oleh pasang air laut di sepanjang pantai Labuan, Sidamukti dan Panimbang.
Untuk membantu korban bencana banjir tersebut, personel dari jajaran Korem 064/MY telah diturunkan ke lapangan, dimana untuk Kab Lebak dibantu oleh personel dari Kodim 0603/Lebak beserta Koramil setempat dan untuk Kab Pandeglang dibantu oleh personel dari Kodim 0601/Pandeglang beserta koramil setempat.
Sedangkan untuk banjir di sekitar Tol Km 57 personel Korem 064/MY disiagakan, dibantu oleh personel dari Kodim 0602/Serang yang melaksanakan siaga banjir sejak hari Rabu (9/1) sebanyak 40 orang. Mereka disiagakan untuk ikut serta dalam membantu masyarakat yang terkena dampak bencana banjir tersebut, dengan mendirikan tenda posko bantuan di bahu jalan tol Km 57 dan membuat dapur umum dari personel Detasemen Perbekalan. Bantuan sementara ini yang diberikan adalah nasi bungkus, roti dan air mineral. Adapun personel lain yang membantu adalah Koramil 0218 Kragilan, Ditlantas Polda Banten, PMI, PJS, Tagana, MMS dan personel Polda Banten serta bantuan pengobatan dari Puskesmas Kragilan.
Danrem 064/MY Kolonel Inf Joko Warsito didampingi oleh Kasiops Korem Mayor Inf Agustatius Sitepu dan Danramil Kragilan Kapten Inf Dodot, pada Kamis pagi sekira pukul 08.30 wib meninjau korban banjir di sekitar Tol Km 57, dimana telah didirikan Pos Penanggulangan Bencana oleh Korem 064/MY. Danrem sempat berbincang dengan korban banjir, dan agar tabah dalam menghadapi bencana banjir ini, sementara itu Danrem memerintahkan anggota Korem agar tetap standby dan membantu masyarakat dalam penanggulangan bencana banjir.
Bantuan evakuasi telah diberikan sejak tadi malam, dengan mengirimkan 2 buah perahu LCR dan 1 buah rakit, tapi korban bencana masih ada yang tetap bertahan dirumahnya untuk menjaga harta bendanya. Sementara itu situasi banjir yang terjadi ini diakibatkan sungai Ciujung yang meluap dan air menjebol tanggul (meskipun tanggul sudah ditinggikan), sehingga air membanjiri Kp Ondar andir, Ds Dukuh, Kp Palembangan, Ds Pengawean, Ds Picon yang airnya meluap hingga menutup jalur lintas tol Km 57 Ciujung baik dari arah Jakarta maupun sebaliknya. Banjir ini bukan pertama kalinya terjadi, namun tahun lalu juga terjadi di tempat yang sama, namun kali ini sampai menenggelamkan rumah yang ada di Kp ondar andir setinggi 4 sampai 5 meter. Diperkirakan air akan terus bertambah apabila curah hujan terus terjadi dan ditambah kiriman air dari sungai Pamarayan, kita berharap semoga hal tersebut tidak terjadi sehingga banjir dapat segera menyusut. (Penrem 064/MY)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: