PERINGATAN HARI RAYA IDUL ADHA (10 ZULHIJAH 1433H) DI MAKOREM 064/MY


Anggota Korem 064/MY yang beragama muslim melaksanakan Shalat Idul Adha dilapangan upacara Makorem Jl Maulana Yusuf No.9 Serang, dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha (10 Zulhijah 1433H). Pada kesempatan yang sangat mulya ini, bertindak sebagai imam Drs.H.Yahya Luzen dari Kemenag Provinsi Banten dan yang bertindak sebagai khotib adalah Prof Dr.Suparman Usman, SH. (Ketua Bazda Banten). Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan lancar dan hidmat.

Setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha dilanjutkan dengan bersalam salaman dimulai dari Komandan Korem 064/MY Kol Inf Joko Warsito di ikuti anggota sejajaran Korem064/MY dan keluarga yang hadir berjumlah 170 orang. Dilanjutkan acara ramah tamah di aula Baluarti Makorem.

Dalam sambutannya Komandan Korem 064/MY Kolonel Inf Joko Warsito, menyampaikan bahwa pada dasarnya, penyembelihan binatang kurban hari Idul Adha ini mengandung dua nilai yakni kesalehan ritual dan kesalehan sosial. Kesalehan ritual berarti dengan berkurban, kita telah melaksanakan perintah Tuhan yang bersifat transedental. Kurban dikatakan sebagai kesalehan sosial karena selain sebagai ritual keagamaan, kurban juga mempunyai dimensi kemanusiaan. Bentuk solidaritas kemanusiaan ini termanifestasikan secara jelas dalam pembagian daging kurban. Perintah berkurban bagi yang mampu ini menunjukkan bahwa kita harus memiliki kepedulian terhadap fakir-miskin dan kaum dhu’afa lainnya. Dengan disyari’atkannya kurban, kaum muslimin dilatih untuk mempertebal rasa kemanusiaan, mengasah kepekaan terhadap masalah-masalah sosial, mengajarkan sikap saling menyayangi terhadap sesama. Saat ini kerap kita jumpai, banyak kaum muslimin yang hanya berlomba meningkatkan kualitas kesalehan ritual tanpa diimbangi dengan kesalehan sosial. Mari kita jadikan Idul Adha sebagai momentum untuk meningkatkan dua kesalehan sekaligus yakni kesalehan ritual dan kesalehan sosial.

Lebih lanjut Komandan Korem mengharapkan agar panitia kurban dapat melaksanakan amanah yang diberikan oleh yang berkurban dengan sebaik-baiknya, termasuk dalam pembagian hewan kurban dapat diberikan sesuai dengan peruntukannya. Selanjutnya dilaksanakan penyerahan hewan kurban secara simbolis dari Kabintalrem Kapten Cba Eko, mewakili yang berkurban diserahkan kepada Danrem 064/MY. Adapun jumlah hewan kurban pada tahun ini, diterima sebanyak: 7 ekor sapi 3 kambing, yang hasilnya akan diserahkan kepada: Yayasan Yatim Piatu disekitar Makorem 064/MY, Para Mustahik lingkungan Korem seperti tukang becak, tukang asongan dan tukang sapu, warga korem dan masyarakat sekitar Korem 064/MY.

Sementara itu, pada hari Kamis (25/10) Korem 064/MY yang diwakili oleh Kasi Intel Korem 064/MY Letkol Inf Joni, telah menyerahkan hewan kurban berupa 1 ekor sapi ke pondok pesantren Al-Islam Serang yang diterima oleh pimpinan pondok pesantren Al Islam Ustad Enting Abdul Rahman dan 1 ekor sapi ke pondok pesantren Al-Mubaroq Serang yang diterima oleh Pimpinan Pontren Al Mubaroq K.H. Mahmudi. (Penrem 064/MY).

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: