KOREM 064/MY GELAR PENATARAN PPBN DI PONDOK PESANTREN NURUL MURSYIDAH PANDEGLANG


Danrem 064/MY sedang menyematkan tanda peserta PPBN

Sejumlah 200 orang santriwan dan santriwati yang terdiri dari 166 orang dari Pondok Pesantren Nurul Mursyidah, 10 orang dari Pondok Pesantren Al-Falah dan 14 orang dari pondok pesantren Al Mutaqin dan 10 orang dari SMK 7 Pandeglang mengikuti Penataran Pendidikan Pendahuluan Bela Negara yang akan dilaksanakan selama 3 hari, bertempat di Pondok Pesantren Nurul Mursyidah Jl Syeh Abdul Jabar Karang Tanjung Pandeglang Banten. (Selasa, 16/10).
Dimulainya pelaksanaan Penataran PPBN tersebut ditandai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kolonel Inf Joko Warsito selaku Inspektur upacara, Hadir dalam upacara pembukaan tersebut Danrem 064/MY Kolonel Inf Joko Warsito, Ka Kesbangpol Provinsi Banten Bpk Ubaidilah, Asda 1 Kab Pandeglang H.Utuy.S, Sekertaris Pepabri Udin Samsudin, Ka KUA Karang Tanjung Drs. Ahmad Sujai, Para Dandim, Kapolres, Para Kasi dan Kabalak Korem 064/MY, Para Pimpinan Pondok Pesantren Kab Pandeglang, dan Pimpinan Yayasan Nurul Mursyidah KH. Drs. E.Suherman.AN, para pejabat sipil, TNI dan Polri se-wilayah Kab Pandeglang.
Danrem 064/MY Kolonel Joko Warsito dalam amanatnya menyampaikan bahwa pemilihan lingkungan pondok pesantren sebagai sasaran PPBN dilandasi oleh beberapa pertimbangan. Pondok pesantren memiliki posisi yang sangat strategis dalam penyiapan sumber daya manusia di Indonesia. Saat ini jumlah pondok pesantren khususnya di wilayah Banten cukup banyak sehingga diharapkan dengan banyaknya lulusan dapat memberikan manfaat yang besar dan mencakup berbagai bidang kehidupan, tidak hanya bidang keagamaan. Pelaksanaan PPBN di Pondok Pesantren Nurul Mursyidah sekarang ini, merupakan rangkaian kegiatan PPBN bagi Santri Banten yang ke-2 kalinya pada tahun 2012. Program ini merupakan agenda bersama antara Korem 064/MY bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, Pondok Pesantren dan pemangku kepentingan terkait lainnya. PPBN sebelumnya telah dilaksanakan di Pontren Al-Islam Kota Serang.
Lebih lanjut Danrem menyampaikan bahwa melalui PPBN bagi santri dan santriwati pondok pesantren inilah, kita tidak hanya ingin menyiapkan generasi muda bangsa yang berwawasan kebangsaan, cinta tanah air dan memiliki karakter yang unggul, tetapi juga sekaligus merupakan upaya untuk menjadikan pesantren sebagai salah satu poros pengem-bangan generasi muda bangsa yang berkualitas.
Usai pelaksanaan upacara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan oleh Kasi Ter Korem 064/MY Letkol Inf Sutanri Munawi kepada para santriwan dan santriwati Ponpes Nurul Mursyidah Pandeglang. Dalam pengarahannya Kasi Ter mengharapkan para santri untuk mengikuti kegiatan Tar PPBN ini dengan sebaik-baiknya, karena kegiatan ini dapat memberikan bekal dan manfaat dalam menyiapkan para santriwan dan santriwati untuk dapat menjadi pemimpin yang baik. Disamping telah memiliki akhlak yang baik pula, tentunya akan menjadi pemimpin yang hebat.
Adapun materi yang akan diberikan meliputi: Sejarah Perjuangan Bangsa, 4 Pilar Kebangsaan, Peran Pondok Pesantren di Era Globalisasi, Kerukunan Antar Umat Beragama, Kepemimpinan, Kewirausahaan, Pengetahuan Kesehatan, Bahaya Narkoba dan Pemutaran Film Perjuangan. Disamping pembekalan materi teori, para peserta melaksanakan kegiatan berupa : Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan, Olah Raga / Outbond, Kegiatan Renungan Suci dengan narasumber dari Polda Banten, FSPP (Forum Silaturahmi Pondok Pesantren), FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama), Denkesyah, serta pembina dari TNI-Polri (terdiri dari Kowad, Kowal dan Polwan) dan pelatih lainnya yang berasal dari Korem 064/MY, Grup 1/ Kopassus, Lanal Banten dan Polda Banten.
Setelah melaksanakan peninjauan ke berbagai display yang telah disiapkan, berupa display dari TNI AD, TNI AL serta Polri dalam kegiatan penerimaan prajuritnya, Danrem bersilaturahmi dengan pimpinan pondok pesantren Nurul Mursyidah bersama dengan tamu undangan lainnya. (Penrem 064/MY)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: