DANREM 064/MY MEMBUKA PELAKSANAAN TMMD KE 89 DI KABUPATEN LEBAK


Danrem 064/MY sedang memberikan alat kerja pada pembukaan TMMD ke 89 Kab Lebak

Hasil yang dicapai dalam kegiatan TMMD harus dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar, melalui pembangunan secara terpadu, khususnya pembangunan sarana dan prasarana maupun fasilitas umum yang dapat memacu berputarnya roda perekonomian penduduk di wilayah perbatasan. Dalam pelaksanaan kegiatan ini sasaran fisik program TMMD, diarahkan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat. Pemilihan sasaran tersebut akan menunjang kegiatan ekonomi dan pertanian yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di daerah sasaran, dalam rangka mengentaskan kemiskinan. Sedangkan sasaran non fisik, diarahkan pada kegiatan yang dapat menggugah kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Apabila sasaran ini tercapai, maka akan mendorong terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo selaku penanggungjawab operasional pelaksanaan TMMD, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Danrem 064/MY Kolonel Inf Joko Warsito yang bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara pembukaan TMMD ke 89, bertempat di Lapangan Sepak Bola Pasar Cilayang Desa Kadudamas Kecamatan Cirinten Kabupaten Lebak, Rabu (10/10).

Lebih lanjut Kasad menyampaikan, sebagai program lintas sektoral secara terpadu, program TMMD dirancang dengan melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat. Keterpaduan berbagai komponen tersebut, akan mampu menyerap aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah, karena kegiatan TMMD dilaksanakan dengan mekanisme perencanaan secara ”Bottom Up”. Peranan dan kerjasama yang sinergis antar stakeholder, baik Kementrian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah, BUMD maupun Swasta serta partisipasi aktif masyarakat, merupakan penentu keberhasilan TMMD.

Hadir pada upacara pembukaan TMMD tersebut Bupati Lebak H. Mulyadi Jayabaya, SE , Sekda dan Para Asisten Kab Lebak, Kepala BP2KBMPD H. Haryono, SHI, MM, Para Camat, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Kec Cirinten Para Dandim Jajaran Korem 064/MY, Para Kasi dan para Kabalak Aju Korem 064/MY serta pejabat TNI dan Polri se wilayah Kabupaten Lebak. Sementara itu peserta upacara yang hadir sejumlah 150 orang, terdiri dari 3 SST Kodim 0603/Lbk, 1 SST Lanal Banten, 1 SST Satpol PP, 1 SST Wanra, 1 SST Tim Kesehatan, Tim Tibmas dan Tim Penerangan/Bintal, ditambah 1 SST Polsek, 1 SST FKPPI, PNS Kecamatan, dan para pelajar SD s.d SMA setempat. Disamping itu hadir pula para Tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh pemuda sekitar kec Cirinten.

Pada kesempatan itu, bupati Lebak H.Mulyadi Jayabaya menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan TMMD ini, karena dengan adanya kegiatan ini dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan pembangunan di daerah yang tidak terjangkau. Disamping itu dengan adanya program TMMD ini dapat memperkecil anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan sarana fisik tersebut.

Setelah kegiatan upacara pembukaan selesai, dilanjutkan dengan pemberian bahan kontak berupa semen dan alat kerja. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi TMMD, Pengobatan gratis dan KB, terutama meninjau jalan yang akan diperbaiki, Bupati Lebak juga turut meninjau didampingi oleh hadirin dan tamu undangan yang hadir pada saat itu.

Adapun kegiatan TMMD di Kecamatan Cirinten ini akan berlangsung selama ± 20 hari ini, difokuskan pada sasaran Fisik berupa pembukaan badan jalan sepanjang 6 km dan lebar 7 m (antara desa parakan lima cirinten sd warung uyum), pengerasan jalan sepanjang 6 km lebar 7 m, pembuatan gorong-gorong beton diameter 60 cm panjang 80 m sebanyak 4 unit, sasaran tambahan rehab jembatan ciliman sebanyak 1 unit. Over prestasi plat duicker bentang 1m (2 unit), pengerasan jalan 500 m, rehabilitasi ralling jembatan kp cipariuk, drainasi dan pembuatan gorong-gorong. Untuk sasaran non fisik berupa kegiatan penyuluhan dalam bidang pertanian, perikanan, Kamtibmas, Hukum, Pendidikan, Bela Negara, Agama, Hankam, Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dan Bahaya laten Komunis.
Pasukan yang dikerahkan dalam kegiatan TMMD ke 89 ini berjumlah 150 orang yang terdiri dari : 1 SST Yonif 320/BP, 1 SST Lanal Merak, 2 SST Kodim Lebak, dan 1 SST Tim Gabungan (Kesehatan, Penyuluhan/Bintal, Tim Teknis dan tim Tibmas). Personil yang akan terlibat tidak hanya dari unsur TNI saja tetapi juga melibatkan masyarakat desa setempat sejumlah 100 s.d 150 orang setiap hari. (Penrem 064).

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: