PRAJURIT DAN PNS KOREM 064/MY MENGANTAR PELAJAR SMAN 2 SERANG KE SEKOLAH


Kasiter Korem 064/MY sedang memberikan souvenir kepada kepala sekolah SMAN 2 Serang

Prajurit dan PNS Korem 064/MY hari ini mengantar pelajar SMA Negeri 2 Serang ke sekolahnya dilanjutkan dengan pemberian pembekalan tentang Bela Negara. (Senin, 12/12). Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah bentuk solidaritas sosial TNI khususnya Korem 064/MY berupa pengantaran pelajar ke sekolah sekaligus memberikan pemahaman tentang bela negara kepada para pelajar dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika TNI AD yang jatuh pada tanggal 15 Desember nanti.

Pelaksanaan kegiatan yang melibatkan seluruh personel Militer dan PNS jajaran Korem 064/MY di fokuskan di SMAN 2 Kota Serang yang dihadiri oleh para Pasi , Ka Balak Aju Korem 064/MY, Kepala Sekolah dan para guru pengajar SMAN 2 Kota Serang sedangkan para siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan Pengantaran pelajar ke sekolah sejumlah 150 orang. Adapun teknis pelaksanaan Pengantaran Pelajar ke sekolah dengan menggunakan kendaraan roda dua dengan titik awal mengambil lokasi gedung KONI Prov Banten .

Selanjutnya pembekalan bela Negara diberikan oleh Kasi Ter Korem 064/MY Letkol Inf Drs. Sutanri Munawi, dan membacakan sambutan Danrem 064/MY Kolonel Inf Joko Warsito, yang menyampaikan bahwa pemahaman bela Negara ini perlu diberikan, karena seperti yang telah disebutkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 pada pasal 30 tertulis bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara.” dan ” Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang.” Jadi sudah pasti mau tidak mau kita semua wajib ikut serta dalam membela negara dari segala macam ancaman, gangguan, tantangan dan hambatan baik yang datang dari luar maupun dari dalam, yang berarti tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara , termasuk juga tentunya para pelajar.

Kesadaran bela negara itu pada hakikatnya adalah kesediaan untuk berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Spektrum bela negara itu sangat luas, dari yang paling halus, hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata. Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara. Oleh karena itu para pelajar sebagai warga bangsa mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk berperan aktif dalam melaksanakan bela negara. Membela negara tidak harus dalam wujud perang tetapi bisa diwujudkan dengan cara lain seperti : ikut serta dalam mengamankan lingkungan sekitar (seperti siskamling), ikut serta membantu korban bencana di lingkungannya dan belajar dengan tekun serta mengejar prestasi yang gemilang di bidang pendidikan para pelajar sekalian.

Terkait dengan hal tersebut, Danrem mengajak semua para siswa sebagai warga negara untuk semakin membangkitkan semangat dan kekuatan pada diri setiap warga negara untuk berbuat yang terbaik bagi kemajuan, kehormatan dan kejayaan bangsa serta semangat untuk membela dan mempertahankan negara dari berbagai ancaman dan rongrongan dalam bentuk apapun , agar para siswa lebih memperkuat solidaritas sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena dewasa ini hantaman sikap dan perilaku individualisme sebagai dampak buruk dari modernisasi, kian merebak di tengah-tengah kita dan cenderung menimbulkan sikap egoisme serta mengakibatkan kerapuhan kohesivitas sosial, padahal kohesivitas sosial ini sesungguhnya merupakan ciri khas dari jati diri bangsa kita.

Kegiatan pengantaran pelajar ke sekolah ini berlangsung dengan tertib dan aman, dan mendapatkan dukungan serta perhatian dari para pelajar SMA Negeri 2 Serang. (Penrem 064/MY)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: