KOREM 064/MY GELAR SILATURAHMI ULAMA DAN UMARO DI PLTU LABUAN


Pertemuan dalam rangka silaturahmi antara Ulama dan umaro, merupakan kegiatan yang sangat baik untuk diaksanakan , karena dapat dijadikan sebagai tali ikatan yang kuat untuk bersatunya antara Ulama dan Umaro` di Banten, Hendaknya para ulama, Tokoh Agama dapat bersatu dengan para umaro karena hal tersebut sebagai salah satu cara dapat terpeliharanya kerukunan Umat Beragama dan hidup bermasyarakat. Hal tersebut disampaikan Danrem 064/MY Kolonel Inf Joko Warsito, menyambut kedatangan para ulama dan tokoh agama Banten dalam rangka silaturahmi bertempat di PLTU Labuan (27/7).

Hadir dalam acara tersebut sebagai narasumber : Asda 1 Bpk Anwar S (mewakili Gubernur Banten), Kapolda Banten Brigjen Pol Eko Hadi Sutedjo, SH, M.Si, Danrem 064/MY Kolonel Inf Joko Warsito, Kakanwil Kementrian Agama, Ketua MUI Prov.Banten, dan Ketua Forum Pondok Pesantren, sementara sebagai peserta General Manager PLTU Labuan, Sejarawan Banten Bpk Nadjmudin Busro, Para Ulama dan Tokoh Agama se-wil Banten. Kakanwil Depag Banten dan Toga Serang Para Kabalak Aju Korem 064/MY dan Staf Korem 064/MY.

Pada kesempatan tanya jawab yang diberikan, terdapat beberapa orang penanya, diantaranya 3 orang memberikan pertanyaan, dan Bpk Asda I Prov Banten Bpk Anwar S, menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan dan menyampaikan jawabannya sbb:
– Menjawab pertanyaan Bp. H. Musaid, tentang sejauhmana pemerintah melaksanakan nilai2 keagamaan di banten, sbb: pemerintah Prov Banten sangat memberikan dukungan terhadap forum kerukunan beragama dan memfasilitasi kegiatan yang dilaksanakan, yang meliputi seluruh agama yang ada dibentuklah forum (FKUB), Pemerintah prov Banten juga banyak memberikan dukungan terhadap kegiatan dari Pondok pesantren yang ada di Banten, mengumpulkan tokoh masyarakat, ulama dan memberikan pembinaan terhadap bidang keagamaan.
– Menjawab pertanyaan dari Bpk Fahrudi tentang sejauhmana usaha dari ulama dan umaro mengembalikan masyarakat kepada agama dan menghilangkan kegiatan musyrik, bpk Asda I menyampaikan bahwa kita semua hendaknya dapat menjadi pemimpin yang baik minimal dalam lingkup keluarga, selanjutnya nilai-nilai keagamaan yang kita anut itu harus dapat diimplementasikan dengan baik. Itu semua menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua, ulama dan umaro agar masyarakat dapat kembali kepada agama.
– Selanjutnya terkait dengan pertanyaan ketiga dari Bpk.Madhadi (Kades Labuan) yang menanyakan tentang warganya yang belum menerima jaringan listrik dan proposal kegiatan yang diajukan kepada PLTU Labuan mohon ditanggapi, Bpk Asda I menyampaikan bahwa pemprov Banten telah melaksanakan program pembangunan jaringan listrik, yang saat ini di banten selatan telah dibangun gardunya.

Sementara itu dari Kementerian Agama Prov Banten menyampaikan peranan Alim Ulama, sbb : Bahwa alim ulama memberikan kontribusi yang sangat tinggi terhadap bangsa dan negara yaitu : dalam membina umat, kontribusi dalam bidang pendidikan, menjawab permasalahan umat, memberikan contoh dan tauladan. Disamping itu juga Kakanwil Kementerian Agama Banten mengharapkan kegiatan seperti ini dapat diteruskan, dan apabila perlu dibentuk forum secara khusus.
Danrem 064/MY dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada pihak PLTU Labuan yang telah memberikan tempatnya untuk melaksanakan kegiatan silaturahmi ini. Lebih lanjut Danrem menyampaikan bahwa pertemuan seperti ini akan dikembangkan dimasa depan, karena dengan pertemuan semacam ini maka komunikasi dapat terjalin dengan baik. Selanjutnya melihat kondisi masyarakat banten sendiri yang sebenarnya begitu kental dengan nilai-nilai agama, namun demikian perilaku masyarakatnya tidak menunjukkan sesuai dengan nilai agama. Maka kita semua harus bahu-membahu, saling mengisi antara ulama dan umaro, karena permasalahan tersebut adalah tugas kita semua. Dan memasuki bulan puasa nantinya diharapkan dapat menjadi ajang refleksi diri, karena kita tidak dapat melakukan kegiatan apapun tanpa dilandasi oleh nilai-nilai keagamaan. Hal ini tentunya menjadi PR bagi kita semua, mudah-mudahan melalui pertemuan ini timbul kesadaran bahwa permasalahan ini menjadi tugas kita semua.

Sebelum acara ditutup General Manager PLTU Labuan memberikan kenang-kenangan kepada para Narasumber yang hadir. Demikian kegiatan berlangsung dengan tertib dan lancar, hadirin memberikan apresiasi dengan memberikan pertanyaan dan menanggapinya dengan penuh antusias hingga akhir pertemuan. Kegiatan Silaturahmi Ulama dan Umaro se Wilayah Korem 064/MY berikutnya akan dilaksanakan di Polda Banten setelah bulan Ramadhan. (Penrem 064/MY).

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: