KODIM 0603/LEBAK KERJASAMA DENGAN YAYASAN PERMATA BANGSA GELAR PENCANANGAN SEKOLAH TERBUKA NASIONALISME KEKUATAN RAKYAT INDONESIA (ST NKRI)


Foto bersama setelah penandatanganan prasasti.

Gagasan tentang pencanangan Sekolah Terbuka NKRI ini merupakan gagasan yang cerdas menyingkapi perubahan yang terjadi berkaitan dengan perkembangan situasi nasional saat ini. Kehadiran sekolah terbuka NKRI ini memberikan nuansa baru sekaligus pencerahan bagi warga masyarakat untuk kembali belajar tentang pentingnya terus menggelorakan semangat nasionalisme dan kebangsaan di setiap lubuk hati dan sanubari segenap warga bangsa ini. Demikian disampaikan oleh Danrem 064/MY Kolonel Inf Joko Warsito dalam sambutannya pada acara Pencanangan Sekolah Terbuka Nasionalisme Kekuatan Rakyat Indonesia yang dilaksanakan di Aula Kodim 0603/Lebak, Senin (7/3).

Lebih lanjut Danrem menyampaikan bahwa proses belajar itu tidak kenal waktu dan usia, melainkan berlangsung secara terus menerus. Dalam kegiatan ini pula Kodim Lebak maupun Korem 064/MY tidak mendominasi, karena materi tentang kebangsaan itu harus menjadi warisan kita bersama, sehingga ada cukup ruang bagi kita untuk bersama-sama mengingat kembali pemikiran mengenai kebangsaan Indonesia yang telah diwariskan oleh para pahlawan dan pendiri bangsa ini. Semoga kegiatan ini terus berlanjut, tidak hanya di tingkat kabupaten Lebak saja, namun di kabupaten lain di wilayah Prov Banten ini pula akan didorong untuk terus mengikuti kegiatan ini. Karena di era sekarang ini yang menentukan kemajuan suatu bangsa adalah sumber daya manusianya.

Pada kegiatan yang bertemakan “Dengan Gerakan Adik-Kakak (Aman Damai Indonesia Kuat – Kerukunan Adalah Kebersamaan Atas Keberagaman) Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa” ini dihadiri oleh Danrem 064/MY Kolonel Inf Joko Warsito, Bupati Lebak H. Mulyadi Jayabaya, Asda 1 Pemkab Lebak, Para Pejabat Pemkab Lebak, Dandim 0602/Serang Letkol Arm Syafei K, Dandim 0603/Lebak Letkol Czi Roedy Widodo, Para Dan/Ka Balak Aju Korem, Para Pasi Korem dan Kapenrem 064/MY. Para peserta yang hadir pada kegiatan ini berjumlah 214 orang yang terdiri dari Tomas, Toga, Todat, Ibu persit Kodim 0603/Lebak, Siswa SMA 1 Rangkas Bitung, MA Al Nizam, SMK Setia Budi, SMPN 01, 04 dan 07 Rangkas, FKPPI, PPM, Pramuka, Paskibraka, dan Kossera.
Dalam sambutannya sekaligus membuka acara pencanangan ST NKRI, Bupati Lebak H. Mulyadi Jayabaya menyampaikan bahwa dengan adanya ST NKRI ini maka wawasan kebangsaan masyarakat Lebak akan lebih baik. Wawasan kebangsaan ini penting, karena dapat mempersatukan seluruh warga bangsa ini. Walaupun saat ini kabupaten Lebak merupakan salah satu kabupaten yang tertinggal, namun hal tersebut tidak membuat kita patah semangat. Apabila kita semua menjunjung tinggi kebersamaan, dan semangat persatuan diantara segenap warga Kab Lebak, mudah-mudahan Lebak bisa mengejar ketertinggalan dari Kabupaten yang lainnya.

Dalam paparannya Ketua Permata Bangsa Dr. Dody Susanto, yang sekaligus merupakan penggagas ST NKRI mengatakan bahwa dari 18 negara didunia yang merupakan Negara maju, hampir 90 % dari warga bangsanya memiliki kadar nasionalisme 90 %. Contohnya Amerika, RRC, Swiss, Jepang, Jerman, Italia, Perancis, hingga Vietnam.Di Vietnam jumlah tentaranya cuma beberapa persen dari jumlah penduduknya, tetapi ketika terjadi perang Vietnam, seluruh warganya menjadi tentara untuk membela harkat dan martabat bangsanya.

Di Indonesia sendiri sebenarnya semangat nasionalisme tersebut telah ditunjukkan oleh para pahlawan bangsa, penjajahan Belanda atas Indonesia selama 3,5 abad sesungguhnya tidak terjadi, karena bangsa kita tidak pernah terpengaruh ataupun berubah bahasa nasionalnya. Semangat nasionalisme tetap tinggi. Semangat itulah yang perlu terus dikobarkan dalam diri setiap warga bangsa agar dapat membangun bangsa ini dengan baik.

Acara tersebut berlangsung dengan lancar dan tertib, serta diikuti oleh seluruh hadirin dan undangan dengan penuh antusias untuk semakin meningkatkan semangat nasionalisme, menjalin keakraban dan persatuan satu dengan yang lainnya. Sebelum mengakhiri acara Dr Dody mengajak hadirin sekalian untuk melaksanakan Sholat Tahajud bersama, yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu yang akan datang di Masjid Agung Lebak, rencana akan diikuti oleh kurang lebih 2000 orang. (Penrem 064/MY)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: