DANREM 064/MY BUKA PENDIDIKAN DAN LATIHAN DASAR BELA NEGARA MENWA MAHABANTEN TA.2011 DI YONIF 320/BP


Danrem sedang menyematkan tanda peserta Latihan Dasar Menwa Mahabanten TA.2011

Pada hari Senin, 17 Pebruari 2011, pukul 09.00 Wib dilaksanakan pembukaan Pendidikan dan Latihan Dasar Militer yang diikuti oleh 26 orang mahasiswa IAIN Mahabanten, bertempat di Lapangan Upacara Batalyon Infanteri 320/Badak Putih.

Bertindak selaku inspektur upacara Komandan Korem 064/MY Kolonel Inf Joko Warsito, dan Komandan Upacara Kapten Inf Mulyana (Yonif 320/BP). Hadir dalam kesempatan tersebut Kasiter Korem 064/MY Letkol Inf Sutandri Munawi, Danyonif 320/BP Letkol Inf Athobari, Kasi Ops Korem Mayor Inf Heldi Wira, Dansatpol PP Banten Drs. H.Sumawijaya, M.Si yang juga selaku Danmen Mahasiswa Mahabanten, Wadan Yonif 320, Perwakilan Brimob Banten Kompol Saepudin, Perwakilan dari Polda Banten, AKBP P. Panjaitan, Kakanwil Depag Pandeglang, Komandan Latihan Menwa Mahabanten Usep Sopwanudin dan Para Pembina Skomenwa IAIN Mahabanten.

Danrem 064/MY dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para anggota Menwa Mahabanten yang akan mengikuti latihan Menwa ini. Melalui latihan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas insani, dalam konteks bela negara, karena Menwa merukakan bagian dari elemen masyarakat ilmiah. Dengan latihan ini diharapkan dapat membentuk para peserta menjadi bagian dari rakyat terlatih.

Dengan kegiatan latihan ini, akan diberikan bekal agar sejak dini telah diperoleh tambahan pengetahuan dan ketrampilan, menyangkut hak dan kewajiban sebagai warga negara, melalui penanaman nilai-nilai patriotisme, wawasan kebangsaan dan semangat bela negara. Selanjutnya Danrem menegaskan, bahwa latihan menwa ini bukan merupakan bentuk militerisasi, namun semata-mata hanya sebagai bentuk pembekalan pengetahuan dan ketrampilan khusus terkait bela negara, sehingga pada saat negara dalam keadaan bahaya, setiap warga negara akan terpanggil untuk membela negara dari ancaman yang timbul.

Maksud dan Tujuan dilaksanakannya Latihan Menwa ini adalah :
– Menciptakan regenerasi kader sebagai calon anggota Menwa Indonesia, guna memahami persyaratan dasar bagi para mahasiswa untuk menjadi anggota Menwa.
– Menyamakan visi dan misi mengenai peran dan fungsi serta tanggungjawab dalam mengemban tugas bela negara sebagai warga negara dalam kehidupan sosial.
– Memberikan pemahaman tentang kewajiban dan tanggungjawab terhadap generasi muda tentang pengelolaan dan pelaksanaan pertahanan negara.
– Memberikan pemahaman tentang sistim pertahanan negara dan wawasan nusantara yang mencakup sistim Hankamnas.

Sementara itu, Diklatsar Menwa yang diikuti oleh 26 orang mahasiswa terdiri dari 21 pria dan 5 wanita ini akan mengikuti latihan Menwa selama 7 hari di Yonif 320/BP, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Mereka akan menerima beberapa materi, diantaranya : Bintal (Sejarah Perjuangan Nasional), Pengetahuan Hankamnas (Peng UU.No 20 th 1982, Organisasi Menwa, Binter, Peng Linmas, Peng Kamtibmas), Permildas (PBB, PPM, PUDD, TUM, Etika dan PDRM, Jihandak), Ketrampilan Lapangan (Navrad, PAM, SAR, Peng Teknik dan Strategi Pur dasar, Peng Jat, Pionerring, Jasmil, Caraka, Kes Lap, Survival), Latihan Praktek Lap (Lat Bak tepat, Lat Berganda), ditambah dengan Pelajaran Pelengkap (Peng Pemda, Kepemimpinan).

Setelah Upacara selesai acara, peserta menuju ke tenda dilanjutkan dengan kegiatan orientasi bagi peserta latihan Menwa di Yonif 320/BP. (Penrem 064/MY)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: