KOREM 064/MY MELAKSANAKAN GELADI POSKO-I “PRAJAWIBAWA-XIV’ TAHUN 2010


Pangdam III/Slw selaku Irup sedang memeriksa pasukan upacara

Panglima Kodam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Moeldoko, secara resmi membuka pelaksanaan Geladi Posko-I Korem 064/MY “Prajawibawa” TA.2010 bertempat di lapangan upacara Makorem 064/MY Jl.Maulana Yusuf No 9 Serang, Senin (13/12). Hadir pada upacara pembukaan tersebut Danrem 064/MY Kolonel Inf Joko Warsito, Kasrem 064/MY Letkol Inf Malwi Sulardi, Para Dandim, Para Kasi, Para Kabalak Aju Korem dan Para Perwira Jajaran Korem 064/MY, Serta para Pengendali dan Wasit yang berasal dari Kodam III/Slw, Rindam III/Slw dan Pusterad.

Disamping itu, hadir pula Gubernur Banten Hj.Ratu Atut Chosiyah, Kapolda Banten diwakili Kombes Pol Budiarto, Ketua DPRD Prov Banten, Plh Kepala BPBD Banten Bp. Suyadi, Kadishutbun Banten Bpk M.Yanuar, Kadishub Kominfo Banten, Kadinkes Banten, Kadissos Banten, Kadis PU Bina Marga Banten, Kepala BMKG Banten, Kakesbang Pol Banten, Ka Damkar Kab Serang, Ka PLN APJ Banten, Ka Telkom Banten, Dan Posmat Gunung Krakatau Ds Pasauran, Ka PT Clariant Indonesia, PT Indonesia Power dan PT Chandra Asri, Serta tamu undangan lainnya.

Pangdam III/Siliwangi dalam amanatnya menyampaikan bahwa Geladi Posko-I yang dilaksanakan hari ini pada dasarnya diorientasikan, guna memelihara dan me-ningkatkan kemampuan, baik dalam konteks perorangan maupun satuan, terutama menyangkut kemampuan mengimplementasikan prosedur hubungan Komandan dan Staf untuk merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan operasi militer selain perang, dalam rangka memberikan bantuan kepada Pemerintah Daerah.
Geladi posko- I yang akan dilaksanakan selama 3 hari ini, diikuti oleh Komandan dan Staf Korem 064/MY, dikendalikan oleh 5 orang Komando Geladi terdiri dari Irdam III/Slw Kolonel Inf Sigit Yuwono, Danrindam III/Slw Kolonel Inf Drs.Utoh Zaendi, Asintel Kasdam III/Slw Kolonel Inf Fachri, Asops Kasdam III/Slw Kolonel Inf Kasim Genawi, Asrendam III/Slw Kolonel Bramantyo A. dan Aslog Kasdam III/Slw Kolonel Inf Erizal Dailami. Disamping itu terdapat juga 11 orang Wasit dan Pengendali, 6 orang sekretaris geladi, 8 orang Penilai, 4 orang Hubgla dan 11 orang Denma Geladi.

Geladi Posko-I Korem 064/MY “Prajawibawa XIV” Th.2010 yang mengambil tema ”Korem 064/Maulana Yusuf Melaksanakan Operasi Bantuan Bencana Alam dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok Pemerintah Daerah” ini, dilaksanakan dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan masyarakat dan instansi terkait di wilayah Korem 064/MY dalam menghadapi bencana alam khususnya gempa dan tsunami.
Pangdam III/Slw mengharapkan, agar geladi ini benar-benar dapat memberikan nilai tambah yang positif, bagi Satuan Korem 064/MY maupun bagi Pemerintah Daerah bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, untuk itu Pangdam menekankan agar geladi ini dilaksanakan secara sungguh-sungguh, tidak sekedar menjalankan program saja. Bahkan melalui geladi ini harus diupayakan untuk menghasilkan suatu produk berupa Protap menyangkut upaya penanggulangan bencana alam, yang telah dimatangkan oleh berbagai stake holder terkait.
Selanjutnya dalam rangka memperoleh hasil yang optimal, agar pelaksanaan geladi ini dapat berjalan dengan baik serta tepat sasaran, maka geladi ini harus dapat diukur melalui parameter yang telah ditentukan di antaranya:
Pertama, Terlaksananya prosedur hubungan Komandan dan Staf sesuai mekanisme dan prosedur yang berlaku.
Kedua, terlaksananya koordinasi dan sinergi dengan aparat terkait dalam meng-atasi dampak bencana alam maupun gejolak sosial yang mungkin timbul di wilayah.
Ketiga, terlaksananya penyiapan dan aplikasi rencana operasi dan Protap Satuan.
Keempat, terlaksananya Komando, Kendali, Komunikasi, Komputerisasi dan Informasi (K4I) secara optimal.
Sebelum mengakhiri amanatnya, Pangdam mengingatkan agar peserta geladi dapat manfaatkan waktu yang singkat ini untuk benar-benar menghayati semua persoalan yang diberikan dalam geladi, sehingga melalui geladi ini kita dapat memberikan kontribusi yang dapat diimplementasikan saat terjadi bencana alam.
Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan peninjauan oleh Pangdam III/Slw bersama dengan Gubernur Banten menyaksikan tenda-tenda yang dipasang mengelilingi lapangan upacara, yang menampilkan kesiapan dari satuan jajaran Korem 064/MY dalam mendukung kegiatan penanggulangan bencana, yang terdiri dari : Denbekang, Denkesyah, Denpal, Denpom, Denhub Serang, Media Center dan Posko Bencana. (Penrem 064/MY).

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: